Yusti Probowati Kiprah dan Pengabdian Kartini Masa Kini

Yusti Probowati Kiprah dan Pengabdian Kartini Masa Kini

Raden Ajeng Kartini menjadi sosok sekaligus ikon emansipasi wanita Indonesia. Lewat pemikirannya yang dituangkan melalui tulisan, Kartini telah membuka perspektif baru bahwa wanita pun memiliki kesempatan yang sama dalam meraih pendidikan, berkarier dan menggapai cita-cita setinggi mungkin selayaknya pria.

Beberapa dekade telah berlalu, muncullah Kartini-Kartini baru yang meneruskan perjuangannya dan ikut menginspirasi wanita untuk terus maju dan mengembangkan kualitas diri. Lewat tulisan, musik, duduk di kursi pemerintahan hingga menjadi pemimpin perusahaan besar.

 

Segmen Today Topic dalam Today's Highlight spesial Hari Kartini membahas "Kiprah dan Pengabdian Kartini Masa Kini" bersama  Prof Dr Yusti Probowati Pendiri Rumah Hati di Jombang dan Guru Besar Forensik pertama di Indonesia. Sosok wanita memiliki perhatian khusus terhadap narapidana anak-anak. Perhatian itu ia wujudkan dengan membangun Rumah Hati, rumah singgah bagi narapidana anak yang dia dirikan di Jombang, Jawa Timur.Bermula dari keprihatinannya akan kondisi lembaga pemasyarakatan anak di Blitar, Jawa Timur. Sejak 2003-2010, ibu dua anak ini bolak-balik dari Surabaya ke Blitar hanya untuk memberikan pendampingan psikologi di sana.

 

Di Rumah Hati, para narapidana anak diberi perhatian dan pelatihan kedisiplinan. Yusti menempatkan mereka sebagai korban. Anak-anak itu umumnya berasal dari keluarga yang kurang harmonis dan berada di lingkungan yang tak mundukung. Dia mencontohkan mayoritas anak itu, orangtunya bercerai atau ibunya bekerja di luar negeri dan ayahnya menghilang entah ke mana. Akibatnya, mereka tumbuh liar karena tidak mendapatkan perhatian dan tata nilai yang baik dari keluarga. 

Dalam konsep ilmu psikologi, perilaku anak lebih mudah diubah daripada orang dewasa. Karena itu dia membuat rumah singgah untuk anak. Walaupun demikian, dalam prakteknya tidak gampang. Dia menyebut keberhasilan alumnus Rumah Hati menjadi lebih baik berkisar 75-80 persen.

Dengan berbagai kesibukannya sebagai Dekan Fakultas Psikologi di Universitas Surabaya, Rumah Hati, dan berbagai kegiatan lainnya, Beliau tidak lupa dengan kodratnya sebagai seorang ibu yang harus mendidik anak dan menjalankan tugas seorang istri. Semua wanita bisa menjadi Kartini masa kini yang selalu menunjukkan kepeduliaannya kepada orang-orang yang ada di sekitarnya, tak harus yang muluk-muluk, cukup dengan hal yang sederhana sesuai kemampuannya masing-masing.

Selamat Hari Kartini untuk para perempuan di Indonesia

Pendengar Setia Jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 93.8 Radio Ge FM Madiun dan streaming disini atau Anda juga bisa download aplikasi GeFM Gabriel diPlaystore. Jangan lupa Follow Instagram dan Twitter @radiogefm dan Fanspage 93.8 Radio Ge FM Madiun

 

 

 

Request Lagu

Download Aplikasi Ge FM

Pop 15

1

Aku Takut

Republik ()
2

Sekali Lagi

Isyana Sarasvati ()
3

Maafkan Aku

Zian Spectre ()
4

Mencoba Mengalah

Cathyn ()
5

Jadi Milikku

Marcell & Raline ()

Dangdut 15

1

Kost Kostan

Duo Serigala ()
2

Kamu Kamu Kamu

Ayu Ting Ting ()
3

Cinta Abal-Abal

Della Adelia ()
4

Serda

Susie Legit ()
5

Preman Juga Manusia

Tessa Amelia ()
Hubungi Kami
PT. Radio Gabriel
Jl. Pesanggrahan V Taman Madiun
(0351) 464051
(0351) 464051
(0351) 465277
0852 5722 2001
Statistik
Hari ini22 Total141859 Hits22 Online1
Facebook Ge FM
Twitter Ge FM