Singgah Yuk Ke Masjid Agung Kota Madiun

Singgah Yuk Ke Masjid Agung Kota Madiun

Berkunjung ke Madiun rasanya tidak lengkap jika anda belum mengunjungi Masjid Agung Baitulhakim, masjid paling besar di wilayah kota Madiun. Masjid agung baitulhakim berlokasi di persis di sebelah barat alun-alun kota Madiun. Berdiri di area seluas 5170 meter persegi, dengan luas bangunan mencapai 3500 meter persegi.

Dari pintu gerbang, kita bisa melihat bangunan masjid yang nampak megah, tinggi menjulang dengan dominasi warna biru, perak, dan emas. Arsitektur kubahnya seakan mengingatkan pada bentuk kubah masjid-masjid di kota Istambul Turki.   Ada 5 kubah besar,  satu di bagian tengah yang paling besar. lalu 3 kubah lebih kecil di bagian depan serta  1 kubah di sebelah selatan.  menara tinggi menjulang  tampak di setiap sudut bangunan, dan satu buah menara besar yang tingginya mencapai 25 meter ada di sebelah utara pintu gerbang masuk masjid.

Taman-taman di halaman masjid juga semakin menambah cantik suasana. Menurut Haryono, takmir masjid baitulhakim,  pengunjung biasanya paling ramai pada malam hari, terlebih di akhir pekan. tidak hanya warga dalam kota Madiun, banyak diantara mereka adalah warga dari luar kota yang  sedang melintas. Sebagian  menyempatkan diri untuk  beribadah,  dan sebagian lainnya hanya sekedar berfoto sambil mengagumi arsitektur masjid.

 Sampai saat ini belum ditemukan catatan tertulis yang bisa menunjukkan kapan tepatnya masjid agung baitulhakim didirikan.  Namun dalam buku panduan masjid baitulhakim yang ditunjukkan Haryono,  tertulis Masjid ini diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Ronggo Jumeno  sekitar tahun 1830 an di zaman kolonial Belanda.

Kemudian renovasi  secara bertahap di mulai pada tahun 2002 yang ditandai dengan pemasangan tiang seribu namun masih mempertahankan 4 pilar utama dari kayu seperti ciri khas masjid jawa pada  umumnya, menambah luas serambi masjid, membangun kubah dan menara . Renovasi yang cukup krusial dilakukan pemerintah kota madiun pada tahun 2011 ketika kota madiun menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke 24. Bangunan semakin diperluas dan dipercantik, taman dan berbagai fasilitas terus diperlengkap hingga akhirnya menjadi seperti sekarang.

Jika dari luar, gaya arsitektur masjid sangat kental mengadopsi gaya mediterania ala turki, maka nuansa  di area Bagian dalam masjid, tepatnya  di ruangan belakang imam akan sangat jauh berbeda.  Nuansa jawa kuno sangat terasa di bagian area ini. tiang-tiang penyangga dari kayu tinggi menjulang dengan atap berbertuk limas segiempat khas bangunan jawa. Pada pagi hari, suasana semakin syahdu dengan suara  kicauan burung-burung gereja yang terbang bebas dan bertengger di rusuk-rusuk kayu di atap masjid.

 

Kita ikut bangga dengan ikon kota madiun yang satu ini. semoga keberadaannya tidak hanya mempercantik kota kita, namun kegiatannya juga dapat menjadi penyejuk dan peneduh umat beragama di wilayah madiun. Pendengar Setia Jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 93.8 Radio Ge FM Madiun dan streaming disini atau Anda juga bisa download aplikasi GeFM Gabriel diPlaystore. Jangan lupa juga follow twitter & instagram @radiogefm, like fanspages di 93.8 Radio Ge FM Madiun

 

 

Request Lagu

Download Aplikasi Ge FM

Pop 15

1

Mustahil Tuk Bersama

Geisha ()
2

Hujan Bulan Juni

Ghaitsa Kenang ()
3

7 Bidadari

Naif ()
4

Salahkah

Zigas ()
5

Solo

Bams ()

Dangdut 15

1

Mikirin Kamu

Ayu Ting Ting ()
2

Dia

Cita Citata ()
3

Gak Apa-apa

Juwita Bahar ()
4

Prasasti Asmoro

Silvi ()
5

Jaga Mahkotamu

Seruni Bahar ft Tiara Bahar ()
Hubungi Kami
PT. Radio Gabriel
Jl. Pesanggrahan V Taman Madiun
(0351) 464051
(0351) 464051
(0351) 465277
0852 5722 2001
Statistik
Hari ini16 Total146929 Hits157 Online2
Facebook Ge FM
Twitter Ge FM