Mengenal dan Mengatasi Baby Blues Syndrome

Mengenal dan Mengatasi Baby Blues Syndrome

 

Pasca melahirkan tentunya akan muncul perasaan pada diri seorang ibu merasa senang, haru sekaligus lega karena perjuangan selama 9 bulan selama masa kehamilan dan proses melahirkan telah terlewati dengan selamat. Kini hadir buah hati yang akan senantiasa menemani hari-hari ibu. Namun beberapa hari kemudian, justru perasaan senang yang menghinggapi kini berubah menjadi rasa penuh kesedihan dan khawatir. Hampir 50% ibu mengalami rasa sedih dan khawatir pasca melahirkan. Kondisi ini dinamakan sebagai Baby Blues Syndrome.

Penjelasan diatas mengingatkan kita pada sebuah video yang viral di media sosial Facebook kembali menghentak publik Bali. Pada video yang diunggah akun bernama Eka Vega itu menampilkan adegan seorang ibu yang tengah menyiksa anaknya. Ada beberapa video yang diunggah. Pada salah satu video berdurasi 33 detik, seorang ibu tengah mencubit, memukul, dan menampar bocah sekira delapan bulan itu. Sontak saja bayi berjenis kelamin laki-laki itu menangis sejadi-jadinya.

Pada video lain berdurasi satu menit lima detik, si anak yang diberi nama Baby J tengah diceburkan ke dalam bak di dalam kamar mandi. Ia lantas diguyur dengan air sejadi-jadinya. Si ibu, yang selalu menyebut 'this is drama' dalam setiap aksi penyiksaan, juga menuangkan sabun pencuci piring ke tubuh bocah mungil itu. Ia lantas kembali menyiram si bocah yang tengah menangis. Video itu diunggah Eva Vega pada pukul 21.05 WITA, 27 Juli 2017. Dalam keterangannya Eva Vega meminta agar bayi itu tetap dititipkan di Metta Mama and Maggha Foundation dan tidak dikembalikan ke ibunya. Eva Vega menyebut sang ibu bocah putih itu mengidap penyakit bipolar dan kemungkinan baby blues yang bisa saja kambuh sewaktu-waktu.

Maka dari itu Program Today Highlight (01/08/2017) membahas "Mengenal dan Mengatasi Baby Blues Syndrome" bersama Oky niassafitri, M.Si, M. Psi Psikolog Madiun. Karena hal ini juga menjadi wawasan kita dan mawas diri untuk calon ibu dan ayah. Baby Blues Syindrome yang biasa juga dikenal sebagai Postpartum Distress Syndrome merupakan suatu kondisi dimana muncul perasaan gundah gulana atau adanya perasaan sedih yang di alamai oleh para ibu pasca melahirkan. Kondisi ini biasanya terjadi pada 14 hari pertama pasca melahirkan dan cenderung memburuk pada 3 ata 4 hari pasca melahirkan. Namun jika ibu mengalami kondisi yang sama melebihi batas normal 2 minggu, maka baiknya ibu berkonsultasi dengan dokter, karena di khawatirkan mengalami Postpartum Depression.

Banyak kalangan menilai adalah hormon yang menyebabkan ibu mengalami baby blues syndrome. Pada saat kehamilan, ibu banyak mengalami perubahan besar baik fisik maupun non fisik termasuk di dalamnya perubahan hormon. Begitu juga pasca melahirkan, perubahan tubuh dan hormon kembali terjadi lagi. Perubahan-perubahan yang kembali terjadi pada diri anda akan sangat mempenngaruhi perasaan ibu. Penurunan secara drastis kadar hormon estrogen dan progesteron serta hormon lainnya yang di produksi oleh kelenjar tiroid akan menyebabkan ibu sering mengalami rasa lelah, depresi dan penurunan mood.

Selain hormon, hadirnya si kecil yang harus betul-betul diawasi, dipenuhi perhatiannya, diasuh siang dan malam banyak menguras tenaga ibu, sehingga ibu mengalami keletihan dan kurang waktu istirahat. Perubahan pola hidup ini juga sebagai faktor banyak ibu pasca melahirkan mengalami depresi. Selain itu kecemasan yang menghantui para ibu, kecemasan akan masa depan anak, kecemasan apakah mampu atau tidaknya membesarkan anak dengan baik, dan kecemasan lainnya yang menghantui ibu juga bisa memicu baby blues syndrome.

Pendengar Setia Jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 93.8 Radio Ge FM Madiun dan streaming disini atau Anda juga bisa download aplikasi GeFM Gabriel diPlaystore. Jangan lupa follow twitter dan instagram @radiogefm, dan like fanspage 93.8 Radio Ge FM Madiun.

 

Editor : Risna

Request Lagu

Download Aplikasi Ge FM

Pop 15

1

Terasa Nyaman

Abirama ()
2

Terpesona

Isyana Sarasvati ft. Gamaliel ()
3

Tolong Lepaskan

The Finest Tree ()
4

Tukar Jiwa

Tulus ()
5

Jalan Mimpi

Noah ()

Dangdut 15

1

Sampai Kapan

Ikke Nurjanah ()
2

Pelakor

Duo Amor ()
3

Madu Tuba

Inul Daratista ()
4

Adinda

Eddy Law ft Neng Oshin ()
5

1 Jam Lagi

Zaskia Gotik ()
Hubungi Kami
PT. Radio Gabriel
Jl. Pesanggrahan V Taman Madiun
(0351) 464051
(0351) 464051
(0351) 465277
0852 5722 2001
Statistik
Hari ini29 Total144675 Hits471 Online1
Facebook Ge FM
Twitter Ge FM