Harga Cabai Sudah Turun, Apakah Akan Ada Kenaikan Kembali?

Harga Cabai Sudah Turun, Apakah Akan Ada Kenaikan Kembali?

 

 

Dalam Segmen Today Topic di Program #TodayHighlightGeFM hari ini Radio Ge FM membahas tentang "Hargai Cabai Sudah Turun". Sebenarnya ini merupakan kabar yang menggembirakan, apalagi untuk para pedagang makanan, ibu rumah tangga, jadi lebih efektif dalam mengatur keuangan. Dari data yang disampaikan Kementerian Pertanian, harga cabai merah keriting turun paling banyak di Malang dari Rp27 ribu/kg menjadi Rp18,5 ribu/kg. Turunnya harga cabai ini tidak saja dirasakan Malang, namun juga berbagai wilayah di seluruh Indonesia.Kementerian Pertanian mencatat penurunan harga cabai rawit merah di sejumlah kabupaten dan pasar induk di Indonesia setelah sebelumnya menembus hingga Rp120 ribu per kilogram pada awal 2017.Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Spudnik Sujono dalam mengatakan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, misalnya, harga cabai rawit merah turun Rp 19 ribu/kg dari Rp 90 ribu/kg pada 12 Maret menjadi Rp 71 ribu/kg pada 19 Maret 2017.

M. Imron pengamat Ekonomi dari Universitas Merdeka Madiun menanggapi hargai cabai yang kembali turun, menurutnya penurunannya pasti akan terjadi seiring dengan pasca inflasi khususnya inflasi cabe, yang  bulan-bulan berikutnya akan diikuti dengan penurunannya atau deflasi. Hal ini juga dipengaruhi mekanisme pasar dimana ada titik naik turunnya harga kebutuhan pokok. Sehingga ini mencapai titik baliknya untuk harga cabai turun kembali.

Selain itu menanggapi dari pernyataan Kementrian Pertanian bahwa Penurunan Hargai Cabai ini serentak secara nasional, ada pengaruh cuaca yang mulai membaik dan pengetatan jalur distribusi yang dilakukan kepolisian dan Kementrian Pertanian. akan tetapi kata bapak imron ada faktor lain yang mempengaruhi penurunan hargai cabai selain usaha dari pemerintah. Faktor lain yaitu Stok barang cabai yang membludak yang menjadi dampak kenaikan harga cabai kemaren sehingga ini juga jadi faktor penting dalam penurunan hargai cabai. Dan saat ini masyarakat juga sudah mulai menanam cabai sendiri untuk dikonsumsi sehari-hari.

 

Menjelang bulan puasa yang tinggal satu bulan lagi, ini juga yang harus di persiapkan Masyarakat dalam perekonomian. Hal ini dikarenakan ada kemungkinan Hargai Cabai akan naik kembali. Semoga naiknya tidak lebih melonjak daripada hargai cabai Kemarin. Harapan dari Bapak Imron sendiri mengenai hal ini semoga pemerintah juga waspada lebih awal dengan melakukan operasi pasar, pengendalian terhadap sistem mata rantai dengan pihak kepolisian, dan pungutan-pungutan liar yang terjadi di lapangan. 

Pendengar Setia Jangan sampai ketinggalan berita-berita menarik! Terus dengerin 93.8 Radio Ge FM Madiun dan streaming disini atau Anda juga bisa download aplikasi GeFM Gabriel diPlaystore. Jangan lupa Follow Twitter & Instagram @RadioGeFM, serta Fanspage 93.8 Radio Ge FM Madiun.

Teks : Risna

Foto : Kaltim Post

 

 

 

Request Lagu

Download Aplikasi Ge FM

Pop 15

1

Terasa Nyaman

Abirama ()
2

Terpesona

Isyana Sarasvati ft. Gamaliel ()
3

Tolong Lepaskan

The Finest Tree ()
4

Tukar Jiwa

Tulus ()
5

Jalan Mimpi

Noah ()

Dangdut 15

1

Sampai Kapan

Ikke Nurjanah ()
2

Pelakor

Duo Amor ()
3

Madu Tuba

Inul Daratista ()
4

Adinda

Eddy Law ft Neng Oshin ()
5

1 Jam Lagi

Zaskia Gotik ()
Hubungi Kami
PT. Radio Gabriel
Jl. Pesanggrahan V Taman Madiun
(0351) 464051
(0351) 464051
(0351) 465277
0852 5722 2001
Statistik
Hari ini29 Total144675 Hits471 Online1
Facebook Ge FM
Twitter Ge FM